Bupati Lima Puluh Kota Ir H.Irfendi Arbi M.P Salurkan Bantuan Korban Terdampak Bencana

Suaraperjuangan.id|Lima Puluh Kota,-Pasca banjir dan tanah longsor yang melanda kabupaten lima puluh kota beberapa waktu yang lalu, Pemkab lima puluh kota  melalui dinas pangan menyerahkan bantuan pangan kepada masyarakat yang terkena musibah bencana.

Penyerahan bantuan ini di laksanakan di rumah dinas Bupati lima Puluh Kota ,labuah basilang Payakumbuh selasa(7/1/2020).
Sebanyak 23.829 ton beras untuk 1.462 KK/ (5410) jiwa , Di 5 Kecamatan dan 16 Nagari.

kebutuhan pangan masyarakat terdampak bencana ini di serah terimakan langsung Bupati Lima Puluh Kota Ir.H Irpendi Arbi M. P di dampingi Kepala Dinas Pangan Gusdian Laora.

Dalam arahannya Bupati Irfendi menyampaikan, dalam kondisi bencana seperti ini Pemerintah harus hadir untuk memenuhi tanggung jawab terhadap masyarakat yang kemarin baru saja mendapat suatu musibah banjir dan tanah longsor.

“Bantuan yang diberikan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat yang terkena musibah didaerah kita, semoga bantuan ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat kita dengan sebaik-baiknya,”ujarnya.

Bupati di kesempatan tersebut juga mengucapkan rasa terimakasih kepada para Camat, Wali Nagari beserta seluruh staf yang daerahnya terdampak bencana karena telah menjalankan tugas dengan baik dalam menanggulangi bencana yang terjadi di Luak Nan Bungsu tersebut.

“Saya sangat berterimakasih kepada Camat, Wali Nagari dan jajaran yang telah bekerja siang-malam dalam penanggulangan bencana didaerah kita, semoga apa yang kita kerjakan ini nantinya mendapat balasan dari Allah SWT,” sambungnya.

Selanjutnya, orang nomor satu di Kabupaten Limapuluh Kota tersebut juga tak lupa menghimbau kepada seluruh jajarannya untuk tetap waspada akan bencana, mengingat curah hujan yang masih tinggi di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Saya mengingatkan kepada Camat, Wali Nagari serta OPD terkait untuk tetap waspada akan terjadinya bencana didaerah kita, sebab cuaca yang masih ekstrim didaerah kita. Namun, mari kita berdoa kepada Allah SWT, semoga daerah kita terhindar dari bencana,”

“Bantuan pangan ini berasal dari simpanan Cadangan Pangan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota yang tersimpan di Bulog dengan total bantuan sebanyak 23,829 ton beras. Nantinya bantuan pangan ini rata-rata masyarakat kita akan memperoleh beras sebanyak 4,1 kg/orang dan pada hari ini diserahkan secara oleh Bupati Irfendi Arbi,” ujarnya.

Dirinya mengungkapkan, usai penyerahan secara simbolis tersebut ia beserta jajarannya akan langsung berkoordinasi dengan Camat dan Wali Nagari yang daerahnya terdampak bencana untuk langsung mendistribusikan bantuan pangan tersebut kepada masyarakat.

“Nantinya kita lansung berkomunikasi dengan Camat dan Wali Nagari untuk pembagian bantuan pangan ini, sehingga bantuan ini dapat segera disalurkan kepada masyarakat kita yang terdampak bencana,” ujarnya.

Terakhir dirinya berharap dengan adanya bantuan ini hendaknya dapat meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Limapuluh Kota. Sehingga kebutuhan pangan masyarakat pasca bencana dapat terus terpenuhi.

Adapun 5 Kecamatan yang diberikan bantuan pangan tersebut adalah Kecamatan Harau, Akabiluru, Lareh Sago Halaban, Kapur IX, Suliki. Sementara 16 Nagari diantaranya Nagari Bukik Sikumpa, Balai Panjang, Batu Payuang, Batu Balang, Tarantang, Sarilamak, Taram, Koto Bangun, Sialang, Durian Tinggi, Muaro Paiti, Durian Gadang, Batu Hampa, Andiang, Limbanang, Sungai Rimbang. (Caang)

Post a Comment

0 Comments