DPRD Minta Dinas Kesehatan Jatim dan Dinas Terkait,Segera Melakukan Langkah Preventif Terkait Kewaspadaan Penyebaran Virus Corona

Suaraperjuangan.id|Surabaya,- Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jatim meminta Dinas Kesehatan Jatim dan pihak terkait segera melakukan langkah preventif terkait kewaspadaan penyebaran virus Corona.
Anggota Komisi E DPRD Jatim, dr Benyamin Kristianto mengatakan, virus ini akan cenderung mudah menular dan cepat menyebar. Setelah terjadi di Cina, dikabarkan ke Singapura dan Thailand. "Oleh karena itu kita sebaiknya melakukan tindakan preventif," ujarnya di ruang komisi E DPRD Jatim, Kamis  (23/1).
Virus ini telah diketahui penyebarannya dari Cina, maka diharapkan Dinas Kesehatan melakukan atau menaruh perhatian khusus di tempat-tempat tertentu, seperti bandara. "Jadi virus itu kadang-kadang awalnya itu terjadi suhu yang namanya subfebris, artinya dia tidak terlalu panas, angetlah," tambahnya.
Makanya, deteksi virus itu adalah salah satunya dengan mengetahui suhu tersebut. Bila ada kenaikan suhu tidak normal, cenderung terjadi penularan tersebut, apalagi disertai gejala-gejala seperti flu dan lain-lainnya. "Saya harapkan Dinas Kesehatan ini menyiapkan alat-alat deteksi suhu. Di luar negeri itu ada, jadi pada saat keluar dari bandara, pada saat pengecekan paspor yang dari luar negeri ini lewatin alat deteksi, itu kan indikator," tambahnya.
Ditegaskannya, Body Thermal Scanner yang saat ini diterapkan di sejumlah bandara hanya untuk mengukur suhu saja, bukan menentukan virus yang ada atau tidak pada tubuh seseorang. "Tidak bisa tidak semudah itu, masih ada satu imunologi tes, segala macam. Tapi itu adalah deteksi awal dengan menempelkan alat untuk mendeteksi suhu," tuturnya.
Apabila ada seseorang yang kedapatan suhu tubuh tinggi, diminta langsung dipisahkan dan dikarantina. Kemudian langsung dilakukan pengecekan medis. Bila tidak ditemukan virus tersebut, yang bersangkutan diijinkan beraktivitas di Indonesia. Namun bila ditemukan virus Corona, maka pihak Rumah Sakit harus mengisolasi segera.(red/Kominfo)

Post a Comment

0 Comments