Ribuan Petani Simalingkar Demo Di Kantor BPN Sumut,Tuntut Dikeluarkan Sertifikat

Suaraperjuangan.id|Medan,-Kurang lebih 1500 orang petani Simalingkar demo di kantor BPN Sumut,dijalan Brigjen Katamso Medan,Rabu (08/01/2020).

Ribuan petani Simalingkar yang tergabung dalam Serikat Petani Simalingkar Bersatu ( SPSB), menuntut kepada BPN Sumut agar dikeluarkan Sertifikat atas lahan yang menurut mereka telah mereka kuasai sejak thn 1951.

Pimpinan aksi yang dipimpin Aris Wiyono juga menuntut agar PTPN II yang mengklaim lahan seluas 950 hektar menghentikan seluruh kegiatan diatas lahan petani Simalingkar yang tergabung dalam SPSB.
"Terbitkan Sertifikat atas lahan petani,"katanya.
Menurut warga / petani , pada awal mulanya petani menduduki lahan sejak thn 1951,lalu pada thn 1960 setelah terbitnya UU PA no 5 thn 1960 mulai ada aktivitas PTPN IX pada area perkebunan ex Belanda ini,sejak itu terus terjadi konflik yang berkepanjangan.

Pada thn 1999 dibuatlah Rapat Dengar Pendapat yg difasilitasi oleh DPRD TK I dan II, menghasilkan bahwa lahan yg berada di desa Simalingkar,desa Namo Bintang,desa Durin Tonggal bukan lahan ex HGU, mendapat rekomendasi agar diterbitkan sertifikat atas lahan yg dikuasai petani,namun rekomendasi itu tidak pernah terwujud sampai sekarang.

Beberapa petani yang dipimpin oleh Aris Wiyono dkk masuk kekantor BPN Sumut untuk menemui kepala BPN Sumut ,namun kepala BPN tidak berada ditempat.(red)

Post a Comment

0 Comments