AKBP Dony Setiawan :Pencegahan Virus Corona Ini Menjadi Tanggung Jawab Dan Tugas Kita Bersama

Posko Corona Payakumbuh
Seluruh Lurah beserta Wali Nagari yang ada diwilayah hukum Polres Payakumbuh bersama Babinkamtibmas kunjungi Posko Mandiri Pencegahan Virus Korona di Perumnas Kubang Gajah Kelurahan Limbukan, Selasa (14/04).
"Kita sudah instruksikan keseluh Babinkamtibmas untuk berkoordinasi dengan lurah serta Wali Nagari masing-masing untuk mendirikan posko seperti ini," kata Kapolresta Payakumbuh AKBP Dony Setiawan saat meninjau Posko Mandiri Pencegahan Virus Korona di Kubang Gajah.
Dony menjelaskan kepada seluruh lurah dan Babinkamtibmas agar mensosialisasikan kepada masyarakat, bahwa pencegahan virus korona ini merupakan tanggung jawab dan kepedulian kita bersama.
"Yang perlu dibangun sekarang adalah sistem untuk membangun kesadaran masyarakat seperti di posko ini, bisa memonitor setiap pergerakan dan memantau keberadaan ODP," ucap Dony.
Kapolresta Payakumbuh menyebut, untuk pencegahan covid-19 di Payakumbuh harus di mulai dari bawah seperti di Kubang Gajah ini, sebab Posko Utama tidak akan mungkin bisa memantau setiap pergerakan warga yang keluar masuk Kota Payakumbuh.
"Kita akan koordinasikan dengan Wali Kota Payakumbuh untuk mencontoh posko ini, agar nantinya setiap kelurahan bisa lebih aktif untuk mengontrol setiap orang yang keluar masuk diwilayahnya," imbuh Dony.
Dony menambahkan, "Sekarang kita mengajak seluruh Lurah di Kota Payakumbuh ,Wali Nagari dan Babinkamtibmas untuk mencontoh Posko Mandiri ini, sebab semua SOP nya sudah sesuai prosedur, Antiseptik dan Disinfektan yang digunakan selalu diawasi oleh ahlinya, Petugas Pustu juga terus mengontrol ODP yang melakukan Isolasi mandiri, kemudian setiap kejadian tercatat dengan baik," tambah Kapolresta Payakumbuh.
Sementara itu Camat Payakumbuh Selatan Junaidi mengatakan sesuai instruksi Wali Kota Payakumbuh untuk pencegahan virus korona agar setiap lapisan masyarakat mendukung pencegahan penyebaran covid-19.
"Salah satunya seperti ini, pencegahan itu harus dimulai dari bawah dengan dukungan penuh dari masyarakatnya, seperti di Kubang Gajah, mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh dan inspirasi bagi daerah lain," ucap Junaidi.
Junaidi menambahkan, "Harapannya setiap kelurahan bisa seperti ini, masyarakatnya bekerja tampa pamrih untuk melindungi warganya agar tidak terdampak covid-19, dengan seperti ini Payakumbuh zero covid-19 bisa kita wujudkan," tambahnya.
Senada dengan Camat Payakumbuh Selatan Lurah Limbukan Firdaus menyebut berdirinya posko ini karena kepedulian warga Kubang Gajah untuk pencegahan covid-19 di Payakumbuh yang dimulai dari lingkungan sekitar.
"Peralatan logistik yang digunakan didukung oleh Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (ORARI) serta peralatan dari swadaya masyarakat Kubang Gajah," ucap Firdaus
Diakhir kunjungan Kapolresta Payakumbuh Dony Setiawan memberikan penghargaan Kepada penggagas berdirinya posko mandiri di Kubang Gajah serta memberikan bantuan berupa sembako dan masker untuk petugas di Posko Mandiri.

Post a Comment

0 Comments