PA GMNI Lebak apresiasi pemkab lebak dalam kesigapan kerja mambantu masyarakat terdampak virus covid 19

PA GMNI Kab. Lebak
REGA REVALDY : Akhir-akhir ini dunia cukup dikagetkan dengan kehadiran virus Covid19. Hantaman dari hadirnya virus ini cukup berdampak pada semua sektor yang ada dimasing masing negara. Terkhusus Negara Indonesia kehadiran covid19 menghambat laju dari sektor Ekonomi, pariwisata, industri, transportasi, pendidikan, bahkan sampai pada sektor Keagamaan. Covid19 hadir bak momok yang menyerang setiap manusia tanpa memandang kelas sosial, akibatnya banyak Masyarakat yang mengalami kesusahan dalam menjalani kehidupan secara normal. Hampir semua pemerintah daerah dan satuan dinas bekerja secara maksimal untuk membantu dan menjamin kehidupan masyarakat. Diluar Fenomena itu ada satu kabupaten yang menunjukan kinerja positif dan menjadi sorotan dalam menangani Covid19, yaitu kabupaten lebak. 

Dengan menggandeng seluruh kepala desa se-lebak, dinas Sosial kab. Lebak mulai melakukan pendataan bagi masyarakat yang terpapar Covid19. Mulai dari mereka yang berstatus Odp hingga pasien Positif, mereka yang harus terkena PHK, Buruh dan semua kalangan dari macam-macam sektor yang terdampak covid19. Terobosan ini dilakukan sebagai media Dinas sosial Kab. Lebak untuk dapat mengetahui Masyarakat yang terdampak Covid19 sehingga kemudian dapat diberikan bantuan. Saya sangat mengapresiasi Program ini, krna jelas memang masyarakat sngat membutuhkan uluran bantuan, namun ada beberapa hal yang menjadi catatan dan harus diperhatikan oleh Dinas sosial Kab. Lebak.

1. Dinsos Kabupaten lebak wajib memantau proses pendataan yang dilakukan oleh masing-masing kepala desa, agar mreka yang terdata adalah benar-benar masyarakat yang terdampak covid19 dan memang memerlukan bantuan.
2. Bantuan sosial yang di berikan harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat kab. Lebak.
3. Penyaluran bantuan harus dipantau langsung oleh Dinsos dan dipastikan sampai pada  masyarakat yang sudah terdata dan memang membutuhkan, atau Memastikan desa jujur dalam menyampaikan data msyarakat terdampak

Dengan dijalankannya saran diatas saya berharapuu program cerdas yang dijalankan oleh dinsos kab. Lebak dapat berjalan dengan baik, tentunya dibarengi dengan kerja sama perangkat desa yang ada dikab. Lebak. Integritas, profesionalitas dan empati akan membuat program ini akan berjalan dengan baik. Mewakili persatuan alumni GMNI Lebak saya mengucapkan banyak Trima kasih.



Post a Comment

0 Comments