Webinar DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten, Napak Tilas Soekarno di Tanah Banten & Relasi Soekarno, Islam & Pancasila"

Webinar DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten, Napak Tilas Soekarno di Tanah Banten & Relasi Soekarno, Islam & Pancasila“


Banten,suaraperjuangan.id
Webinar yang dilaksanakan Minggu 21/06 2020 pagi tadi, yang melibatkan struktur DPC PDI Perjuangan seprovinsi Banten dan masyarakat umum, mengupas kembali perjalanan Bung Karno di Banten pada masanya.

Bung Bonnie Triyana selaku sejarawan yang juga aktif menulis buku-buku tentang Soekarno ini menyampaikan, bahwa pada tahun 1951 dan 1957 Bung Karno terhitung aktif melakukan kunjungan ke daerah Banten, kunjungan Soekarno tersebut, selalu menggunakan kereta api. Pada tahun 1951 bung Karno melakukan kunjungan ke Bendungan Pamarayan, tetapi pada tahun 1957 Soekarno melakukan konsolidasi politik dan berpidato di alun-alun Rangkasbitung, ditengah massa Soekarno berpidato yentang konsepsi Front Nasional, di Banten Soekarno mengumpulkan kekuatan-kekuatan revolusioner atau dalam bahasa Belanda biasa disebut dengan ‘’samebundelling van alle revolutionaire krachten” . bersatunya kekuatan-kekuatan Revolusioner .
Beliau juga menyinggung, yang akhir- akhir ini menjadi polemik tentang RUU HIP, bahwa sebetulnya persoalan diksi Pancasila, Trisila, Ekasila, Itu bukan hal yang baru, ujar bung Bonnie Triyana.

Sementara intelektual NU sekaligus kader PDI Perjuangan Zuhairi misrawi menyebutkan bahwa sebelum Munas Nahdlatul Ulama (NU) pada tahun 1936 di Banjarmasin, Soekarno membisiki ulama- ulama NU, Bung Karno mengatakan, bahwa bangsa ini skan merdeka. Maka dalam Munas NU tersebut, lahirlah maklumat Darrussalam ( Negara Damai ), beliau juga menambahkan, bahwa sebetulnya Soekarno sangat dekat dengan Kiyai- kiyai besar, bagaimana  bung Karno pernah belajar di tempat Syech Kholil Bangkalan, kedekatan Soekarno dengan keluarga NU & Muhammadiyyah juga tak bisa terbantahkan.

Sementara narasumber lainnya Bapak Abdul Hakim seorang Akademisi Lulusan Pondok Pesantren Daar El-Qolam Gintung & Pondok Pesantren Al-Hikam Cibinong mengatakan bahwa tidak adanya Kurikulum Pendidikan yang mengajarkan yentang  tokoh- tokoh bangsa Indonesia dulu, Indonesia punya Tokoh Pemikir Islam seperti Kh Hasyim Asy’ari, Ahmad Dahlan dan masih banyak lainnya, masyarakat langsung melakukan lompatan jauh untuk mengenal konsepsi Negara dan Islam. Literatur-literatur tentang Ikhwanul muslimin & khilafah islamiyah yang cenderung mereka baca, yang menyebabkan munculnya kegaduhan tentang konsepsi -konsepsi yang para pendiri bangsa sebetulnya sudah sangat cocok dengan culture dan nature bangsa ini. Harapan nya, kedepan masyarakat  untuk lebih meningkatkan bacaan tentang tokoh tokoh Indonesia.


Rangkaian kegiatan dilanjutkan berupa acara berdoa bersama untuk Bung Karno pada hari yang sama Minggu, 21 Juni 2020 pkl. 14.00 wib  dipimpin langsung oleh Ketua DPD PDI Perjuangan, H.Ade Sumardi, SE., MSi., untuk memperingati Haul Bung Karno ke-50. Doa dipimpin oleh KH. Zainudin Habasyi, SS. Pada acara tersebut juga dilakukan pemotongan tumpeng dan ramah tamah bersama seluruh peserta haul yaitu fungsionaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten serta anggota Fraksi PDI Perjuangan.

Ketua DPD PDI Perjuangan, H.Ade Sumardi, SE., MSi., menyatakan gelaran rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten merupakan upaya untuk terus merayakan dan melanjutkan gagasan serta pemikiran Bung Karno, sang proklamator sekaligus presiden pertama RI sambil tetap memperhatikan kondisi pandemi Covid-19 saat ini sehingga terdapat pembatasan dan penyesuaian peserta. Walaupun demikian kegiatan yang diselenggarakan ini tetap diikuti oleh seluruh pengurus wilayah Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan di Provinsi Banten dan anggota fraksi partai berlambang banteng moncong putih ini baik melalui kehadiran sesuai undangan maupun secara online.  Harapan beliau seluruh kader dan simpatisan PDI Perjuangan akan selalu menggelorakan semangat Bung Karno dalam setiap langkah perjuangan di masyarakat termasuk bergotong-royong menghadapi Covid-19 saat ini.

Selain itu, seluruh DPC PDI Perjuangan di wilayah Provinsi Banten juga menyelenggarakan berbagai kegiatan yang ditujukan untuk memperingati Bulan Bung Karno dan Haul Ke-50 sang Proklamator Kemerdekaan ini.(Red)

Post a Comment

0 Comments