Megawati: Cakada Jadi Pemimpin Yang Kokoh Jalankan Pancasila

Megawati : Pemimpin mumpuni yang kokoh dalam menjalankan Pancasila sebagai jiwa, dasar, serta tujuan seluruh kebijakan yang diambil.

SUARAPERJUANGAN.ID - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta agar para calon kepala daerah yang diusung partai itu termasuk putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming, untuk menjadi pemimpin mumpuni yang kokoh dalam menjalankan Pancasila sebagai jiwa, dasar, serta tujuan seluruh kebijakan yang diambil.

Wejangan itu disampaikan Megawati saat memimpin rapat pengumuman calon kepala daerah PDI Perjuangan di 45 wilayah, di Jakarta, Jumat (17/7), dimana salah satunya adalah Gibran yang maju di Pilwalkot Solo.

"Pemimpin yang mumpuni itu adalah pemimpin yang kokoh dalam menjalankan Pancasila sebagai jiwa, dasar dan tujuan bagi seluruh kebijakan politik yang diambil," kata Megawati.

Para kepala daerah juga harus sosok yang harus benar-benar berpengalaman dalam tata kelola pemerintahan yang baik, mengerti aspek perencanaan kebijakan, dan menjalankannya melalui kepemimpinan yang efektif. "Dan jangan lupa selalu berada bersama rakyat," imbuhnya.

Megawati juga berharap mereka menjadi calon pemimpin yang tetap mempunyai spirit sehingga tidak mudah tergoyahkan dalam menghadapi ujian dan tantangan. Sebab menurut Presiden RI Kelima itu, tugas kepala daerah tidaklah mudah. Maka spirit itu harus terus dijaga sehingga mampu menghadapi hambatan yang ada.

"Saya tidak akan selalu lupa mengatakan tetaplah selalu bersatu dengan rakyat yang kamu pimpin. Dan apapun juga, seorang pemimpin tidak boleh lupa harus menyatukan antara pikiran dan nurani. Kalau kedua hal ini menjadi satu, Insya Allah maka yang sudah saya beri rekomendasi ini pasti akan bisa menjalankannya dengan baik," beber Megawati.

Kata Megawati, untuk memperkuat konsolidasi kepemimpinan itu, dirinya telah memerintahkan kepada DPP PDI Perjuangan agar para calon kepala daerah segera mengikuti sekolah partai. Meskipun ada secara teknis persoalan akibat pandemi covid-19, tetapi sekolah partai merupakan sebuah keharusan.

"Dan nanti dapat dilakukan secara online. Dengan demikian kita berharap, dapat menghasilkan pemimpin yang mumpuni dan selalu mengayomi rakyatnya," pungkas Megawati.

Post a Comment

0 Comments