Restu PDIP untuk Gibran Maju Pilwalkot Solo 2020

Restu PDIP untuk Gibran Maju Pilwalkot Solo 2020


Solo,suaraperjuangan.id
PDI Perjuangan akhirnya melabuhkan restunya untuk mencalonkan putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka di Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo dalam Pilkada Serentak 2020.

Ketua DPC PDIP Kota Solo, Jawa Tengah, FX Hadi Rudyatmo. Rudy mengatakan partainya akan menduetkan Gibran berpasangan dengan Ketua DPRD Solo, Teguh Prakosa.

Iktikad Gibran maju di Pilwalkot Solo 2020 sempat menjadi polemik di internal PDIP. Hal itu dikarenakan DPC PDIP Solo sudah memiliki pasangan yang akan diusung, yakni Achmad Purnomo-Teguh Prakosa.

Di tengah jalan, Gibran menyatakan niatnya ikut kontestasi. Walhasil, ada pihak yang mendukung Gibran, ada yang setuju dengan Achmad Purnomo-Teguh Prakosa. Mereka berebut mendapat tiket dari PDIP.

Gibran menempuh berbagai langkah. Dari menemui Achmad Purnomo, Ketua DPC PDIP Solo Rudy Hadyatmo hingga Ketua Umum PDIP Megawai Soekarnoputri di Jakarta.

Seiring berjalannya waktu, Achmad memilih mengundurkan diri dari pencalonan. Kini restu itu sudah didapatkan Gibran.

Ketua DPC PDIP Solo Rudi Hadyatmo tak ingin lagi ada perbedaan sikap di antara kadernya. Dia berharap seluruh kader bekerja keras memenangkan pasangan yang telah diberi tiket oleh partai.

"Siapa pun hukumnya wajib untuk memenangkan," kata Rudy.

Gibran pertama kali menyatakan niat untuk maju sebagai calon wali kota Solo yakni pada pertengahan Oktober 2019. Padahal, Gibran sempat menyatakan enggan terjun ke politik saat menjamu putra sulung Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), di kedai Markobar di Solo, 9 April 2018.

Pada 23 September 2019, Gibran resmi mendaftarkan diri sebagai kader PDIP demi memuluskan langkahnya menjadi calon kepala daerah.

Saat ini, Gibran belum banyak bersuara. Dia hanya memohon doa agar semuanya dilancarkan. Terlebih, DPP PDIP baru akan mengumumkan pada Jumat (17/7).

"Saya mohon doanya aja agar semua dilancarkan. Matur nuwun," kata Gibran.(red)

Post a Comment

0 Comments