Gunung Sinabung Erupsi Dua Kali, Masyarakat Diimbau Jangan Lakukan Aktivitas di Luar Rumah

Gunung Sinabung Erupsi Dua Kali, Masyarakat Diimbau Jangan Lakukan Aktivitas di Luar Rumah


T.Karo,suaraperjuangan.id
Berdasarkan laporan aktivitas Gunung Api Sinabung KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung mengabarkan bahwa gunung api Sinabung telah meletus dua kali, Senin (10/8/2020) sekitar pukul 06.00 – 12.00 WIB.

Berdasarkan keterangan penyusun laporan Moh Nurul Asrori, saat ini cuaca cerah dan berawan dimana Angin bertiup lemah hingga kencang ke arah timur dan tenggara. Suhu udara 16-27 °C.

Namun Gunung mengalami kabut 0-I sedang asap kawah tidak teramati. Untuk letusan teramati dua kali letusan dengan tinggi 2000-5000 M dan warna asap kelabu.

“Untuk letusan 2 kali, Amplitudo 120 mm, Durasi 1785-2246 detik. Tornillo 1 kali, Amplitudo 19 mm, Durasi  38 detik,” katanya.

Dalam laporannya itu, tremor Menerus pada gunung Sinabung terekam dengan amplitudo 2-30 mm (dominan 2 mm) dan kini aktivitas gunung Sinabung berada di level III (Siaga)

Untuk itu diingatkan agar masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

Dan masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.( Red)

Post a Comment

0 Comments