PO SINAR JAYA Tidak menanggapi aduan pelanggan

Customer Servicce PO Sinar Jaya, Slow Response

PO. SINAR JAYA, salah satu perusahaan Transportasi Publik terkemuka dengan jumlah Armada yang luar biasa banyaknya, ternyata mengesampingkan pelayanan kepada pelanggannya. Besarnya sebuah perusahaan, tidak menjamin baiknya layanan pelanggan. Hal ini terjadi pada PO Sinar Jaya. Sebagian masyarakat percaya bahwa perusahaan besar, pasti akan menerapkan manajemen mutu layanan yang terkelola dengan baik. Salah satunya adalah layanan Call Center atau Customer Service 24 jam. Mengingat Perusahaan Transportasi seperti PO Sinar Jaya ini melayani atau berhubungan dengan pelanggan selama 24 jam per hari dan 7 hari dalam seminggu. Sehingga apabila terjadi apa-apa dengan pelanggan yang membutuhkan komunikasi, informasi, maupun meyampaikan keluhannya atau mengadukan permasalahannya kepada perusahaan, dapat segera ditanggapi dan dicarikan solusinya.

Akan tetapi hal ini tidak terjadi pada layanan PO Sinar Jaya. Apabila penumpang mengalami permasalahan dalam perjalanannya, maka dia tidak bisa dengan segera mendapatkan pelayanan yang dibutuhkan. Pada saat membeli Tiket, pada tiket memang tertera nomor Call Center dan SMS Center yang bisa dihubungi namun ketika terjadi masalah, nomor tersebut tidak bisa dihubungi. Salah satunya masalah, terjadi pada penumpang yang merasa ketinggalan barangnya di dalam Armada Bus PO Sinar Jaya. Jika Call Center berfungsi dengan baik, maka pelanggan atau Customer Service bisa menghubungi awak Bus untuk memeriksa tempat duduk pelanggan, sehingga meminimalisir adanya resiko kehilangan karena bisa segera di atasi oleh awak Bus. 

Masalah serupa telah dialami oleh seorang Penumpang yang menggunakan Jasa PO Sinar Jaya untuk melakukan perjalanan dari daerah Jawa Tengah menuju Jakarta. Pelanggan baru menyadari bahwa dompetnya jatuh atau ketinggalan, setelah turun dari Bus dan akan membayar untuk ongkos angkutan penerus. Tentu hal pertama yang dilakukan adalah memeriksa Tiket untuk mengetahui nomor Call Center atau Pusat Pengaduan Pelanggan. Pada saat itu juga, penumpang ini mencoba menelpon nomor Call Center yang tertera di Tiket, namun berkali-kali menelpon dijawab oleh mesin untuk menghubungi operator dengan menekan tombol angka 0, setelah tersambung ke Operator ternyata tidak ada Operator yang mengangkat Telepon. Kami heran, perusahaan sebesar PO Sinar Jaya kok tidak mempu menggaji Operator Telepon.

Pada Tiket juga tertera nomor HP, maka dikirimlah SMS dan WA namun tidak ada respons juga hingga lebih dari 16 jam. Padahal status Pesan pada WA sudah terkirim yang berarti HP atau perangkat komunikasinya dalam keadaan hidup. Tentunya hal ini sangat mengecewakan pelanggan. Dan kalaupun dibalas, tentu sudah sangat terlambat karena Bus nya mungkin sudah berjalan ke arah tujuan yang lain dan awak bus nya juga sudah berganti.

Pesan kami kepada PO Sinar Jaya, adalah agar memperhatikan layanan pelanggan. Apa beratnya sih menggaji karyawan untuk Customer Service, sedangkan karyawan bagian Checker aja begitu banyak.


Post a Comment

1 Comments

  1. Selamat sore, kami sudah menghubungi pengemudi 87 RD yang membawa
    tanggal 08 Agustus 2020 untuk meminta mengecek dompet bapak yang tertinggal secara keseluruhan di dalam bus namun dompet bapak tidak di temukan. Perlu di ketahui sesuai point nomor 5 yang tertera di belakang tiket bahwa barang bawaan penumpang bila terjadi kerusakan, kehilangan, atau tertukar sepenuhnya menjadi tanggungan penumpang bukan perusahaan. Terima kasih. Humas Sinar Jaya Group.yu

    ReplyDelete