Rony Reynaldo DPRD Sumut : Paslon Manfaatkan Teknologi Dunia Maya

 Rony Reynaldo DPRD Sumut: Paslon manfaatkan teknologi Dunia Maya

Medan,suaraperjuangan.id -Rony Reynaldo Situmorang anggota DPRD Sumut  kepada sejumlah media Selasa (10-11-2020)  mengharapkan paslon (pasangan calon) pemilihan kepala daerah (pilkada) memanfaatkan teknologi  media dunia maya, agar jalinan komunikasi dengan masyarakat terhindar dari kontak langsung.

Hal itu, jelas dia, dapat menghindari penyebaran pandemi Covid-19. Melalui  pemanfaatan teknologi media dunia maya sebagai alat kampanye yang efektif pada pesta demokrasi digelar serentak.

“Ada banyak sekali inovasi yang dilakukan paslon dari sejumlah kota di Jawa Timur dan Jawa Barat, namun saya lihat paslon di Sumut belum maksimal memanfaatkan teknologi media,” kata dia.

Politisi NasDem itu mencontohkan salah satu paslon yang menciptakan bilik khusus sebagai tempat curhat warga, yang dinamakan bilik sambat online. Selanjutnya, di Solo, Jawa Tengah, paslon di sana melakukan terobosan dengan menggunakan bilik curatan hati (curhat).

Dengan teknologi itu, ujar dia lagi, paslon dan warga dapat berinteraksi, termasuk bentuk dukungan dengan menggunakan peranti smartphone atau android. Di dua kota itu, untuk sementara komunikasi virtual itu dibangun di posko pemenanganan dan relawan masing-masing calon.

Ia berpendapat hal itu sebagai inovasi paslon yang cukup aktraktif di tengah pandemi Covid-19 dan sejalan dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 13 Tahun 2020 tentang Pilkada Serentak lanjutan dalam Kondisi Bencana Non-alam Covid-19.

Salah satu aturan itu, KPU tidak membenarkan berkumpul di ruangan terbuka dan membatasi jumlah warga di Tempat Pemungutan Suara (TPS) tak lebih 50 orang. Jelas dia.

Selanjutnya, ujar dia, mereka diminta mematuhi protokol kesehatan. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan massa dan penyebaran virus di pilkada di masa pandemi Covid-19.

Terkait itu, Rony mengaku sudah mendapat perintah dari DPP NasDem untuk turun melakukan sosialisasi kepada paslon yang dipilih partai di kabupaten/kota. Sosialisasi juga diarahkan ke masyarakat pemilih.

“Kita berharap nanti, dalam sosialisasi ada inovasi yang memungkinkan paslon dan warga tetap dapat bertemu dan berkomunikasi di dunia maya,” katanya.

Selain itu, dia berharap paslon dapat menyampaikan visi dan misinya yang bersentuhan dengan kondisi kekinian, yakni bagaimana mengajak dan membangkitkan optimisme masyarakat menghadapi Pilkada di tengah pandemi Covid-19. (Mashuri L)

Post a Comment

0 Comments