8 Kekuatan Cakra : Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan, S.H., M.Tr. (Han)

Poto : Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan, S.H., M.Tr. (Han).


Jakarta, Suara perjuangan.id -

8 Kekuatan Cakra adalah sebuah Buku yang merupakan karya besar dari seorang Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan, S.H., M.Tr. (Han). (lahir di Lubuk Sikaping, Pasaman, Sumatra Barat, 31 Mei 1963; umur 57 tahun) adalah seorang perwira tinggi TNI-AD yang sejak 27 Juli 2020 mengemban amanat sebagai Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri TNI Angkatan Darat.


Besar Harto Karyawan, lulusan Akmil 1986 ini berpengalaman dalam Infanteri (Kostrad). Jabatan terakhir jenderal bintang tiga ini adalah Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri TNI Angkatan Darat.


8 Kekuatan Cakra merupakan sebuah Renungan, Pemikiran, Ucapan Dan Tindakan seorang Prajurit.


Pada kesimpulannya, dapat dikatakan bahwa 8 kekuatan cakra dapat dirangkum seperti berikut :

1. Niat yang baik, tulus dan ikhlas

Niat adalah fondasi dasar dalam bekerja dan melakukan semua kegiatan, karena pada dasarnya niat berasal dari lapisan hati manusia yang paling tulus dan ikhlas.

2. Sikap dan perilaku

Sikap sebagai alat untuk menyesuaikan diri dengan perilaku yang baik tulus secara terus-menerus dan berulang-ulang akan menjadikan karakter yang bermartabat tinggi.


3. Pancaran mata

Cara berkomunikasi non visual yang memancarkan semangat penuh percaya diri serta mampu mengeluarkan aura kewibawaan yang kuat dan berkharisma.


4. Komunikasi

Komunikasi dapat dimaknai sebagai jalannya proses dimana seseorang maupun sekelompok orang menciptakan serta menggunakan sejumlah informasi agar saling terhubung dengan lingkungan sekitar.


5. Kesiagaan dan Kewaspadaan

Kesiagaan bela diri yang mampu melumpuhkan lawan dan kewaspadaan untuk mengantisipasi agar tidak terdadak.


6. Daya imajinasi

Memiliki pikiran yang bersih, aktif, positif serta percaya diri sehingga mampu membaca situasi, memprediksi hal yang kemungkinan akan terjadi serta kreatif untuk mencari alternatif solusi dan jalan keluar dari permasalahan.


7. KeputusanC

Caramenggunakan potensi otak yang diselaraskan dengan hati nurani disertakan niat yang baik sehingga melahirkan tindakan dan opini Reaksi terhadap solusi yang dilakukan dengan tindakan dan opini kemudian menganalisa kemungkinan-kemungkinan serta konsekuensinya hingga mampu memecahkan suatu permasalahan.


8. Keyakinan

Merupakan inti dari kualitas tanggung jawab seseorang yang terlibat dari rasa percaya diri, antusiasme dan optimisme. Akhir kata, yakinlah pada kekuatan cakra yang ada pada dirimu!

(Riyo E.Nababan)




Post a Comment

0 Comments