Tepat HUT Ke 24 Kota Bekasi,Menpan RB Tjahjo Kumolo Resmikan Mall Pelayanan Publik GRHA H.Dudung T.Rustandi Kota Bekasi

Bekasi,Suaraperjuangan.id - Dalam peningkatan kualitas dan pemberian kemudahan akses pelayanan kepada masyarakat Kota Bekasi, tepat pada Hari Ulang Tahun Kota Bekasi ke 24, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokasi Republik Indonesia (PAN RB), Tjahjo Kumolo hadir ke Kota Bekasi untuk resmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) yang berada di Bekasi Trade Centre (BTC) Mall, Kecamatan Bekasi Timur.


Turut serta hadir, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) RI, Direktur Utama PT. Taspen, Dirjen Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Direktur Aparatur Negara Kementerian PPN/Bappenas, Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi dan Aparatur Kemenpolhukam RI, Gubernur Jawa Barat yang di wakilkan oleh Asisten 2 Provinsi Jawa Barat, dan Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi serta Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto sebagai tuan rumah penyelenggara.


Berdasarkan Keputusan Wali Kota Bekasi Nomor : 065.2/Kep.59-DPMPTSP/II/2021 dengan menempati area seluas 971 Meter persegi dan dapat memfasilitasi masyarakat untuk mengakses 143 jenis layanan perizinan dan 23 instansi perangkat daerah diberikan dengan nama Mal Pelayanan Publik Kota Bekasi GRHA H. Dudung T. Ruskandi.


"Terima kasih kepada Menteri PAN RB dan jajaran yang sudah hadir di persemian MPP ini, ini adalah untuk proses percepatan pelayanan warga Kota Bekasi yang bersinegritas di 23 instansi dan Forkopimda bagian pelayanan" ujar Rahmat Effendi.


Wali Kota menyebutkan bahwa Mall Pelayanan Publik ini telah buka di 3 Mall, yakni di Atrium Pondok Gede, Plaza Cibubur dan kini di BTC Mall.


Dijelaskan dan diucapkan terima kasih kepada instansi yang telah bergabung dalam segi pelayanan di MPP yaitu Polres Metro Bekasi Kota, Imigrasi Kelas II, BPJS Kenetagakerjaan, PT. Taspen, Kantor Urusan Bea Cukai, BPN, DPMPSTSP Provinsi Jawa Barat, Bapenda Provinsi Jawa Barat, PT. Pos, PT Telkom, Bank BRI, Bank BNI, Bank BJB, PDAM Tirta Patriot dan untuk perangkat daerah di Pemerintah Kota Bekasi.


Mal Pelayanan Publik Kota Bekasi Grha H. Dudung T. Ruskandi juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai dan  ramah terhadap kaum rentan, yakni : Ruang Laktasi, Loket Disabilitas, Toilte Disabilitas, Guiding Block, Ruang bermain anak, Ruang Tunggu, Musholla, Lounge Investasi, Pojok Baca, Gerai UMKM dan Balai Nikah.



Selain itu dalam memanfaatkan teknologi dan memudahkan masyarakat dalam memperoleh layanan, MPP Kota Bekasi Grha H. Dudung T. Ruskandi juga memiliki mesin antrean (SIMPEL ANTRI), Layar panggilan, anjungan Dukcapil mandiri dan Closed-Circuit Television (CCTV).


Menpan RB, Tjahjo Kumolo mengapresiasikan atas kinerja dari Pemerintah Kota Bekasi yang telah memudahkan pelayanan warga di bidang pelayanan, dengan reformasi birokasisesuai intruksi Presiden Republik Indonesia untuk mempercepat birokasi setiap pelayanan ke masyarakat, Pemerintah Kota Bekasi telah menyediakan prasana dan sarana tersebut, semoga terus menambah pelayanan ini.


Sebagai penyangga Ibu Kota DKI Jakarta, Kota Bekasi bisa dibilang cukup strategis diatas 60 persen kerja di area Jakarta segala aspek mobilitas secepatnya bisa di wujudkan.


Menpan RB bersama Wali Kota Bekasi menandatangani parasasti atas resminya MPP GRHA H. Dudung T. Ruskandi dan meninjau beberapa pelayanan yang ada di dalamnya. Saat pandemi Covid 19 ini, pelayanan juga disiapkan dengan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, oenyediaan cek suhu tubuh otomatis, penjagaan jarak dari petugas dan pengunjung serta antrian yang di berikan pembatas untuk para pengunjung yang hadir.


Pada gerai pelayanan dari Kementerian Agama Kota Bekasi, Menteri PAN RB dan Wali Kota menjadi saksi nikah atas sepasang yang melangsungkan pernikahan di gerai tersebut, pada momen ini bisa terbilang unik dan membuktikan pelayanan bisa dilakukan di MPP tersebut, terdapat penghulu dan saksi nikah dari kedua mempelai untuk melangsungkan pernikahan tepat pada HUT Kota Bekasi ke 24.


Tidak hanya itu, Menpan RB juga menyimboliskan kepada para peserta pensiun dari PT. Taspen TBK, yang langsung diberikan secara simbolis sebagai peserta pensiun.
(Redaksi)

Post a Comment

0 Comments