Tiap Tahun Bendung Kali CBL Jelang Musim Tanam, Petani Desa Pantai Harapan Jaya Butuh Solusi Dari Pemerintah


Bekasi,Suaraperjuangan.id - Bencana banjir yang belum lama melanda di Kabupaten Bekasi, Khususnya di Sukatani, Sukakarya, Cabangbungin dan Muaragembong, Tak menjadi Jaminan Para petani tidak kekurangan air dalam memenuhi kebutuhan air di sektor pertanian. Selasa (23/03/21).

Salah satunya, para petani di Kp Ponombo Desa Pantai Harapan Jaya, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi Jawa Barat, yang sangat kekurangan air untuk kebutuhan di sektor pertanian, dan harus melakukan pembendungan di Kali CBL Cikarang – Bekasi Utara arah laut, agar air bisa sampai ke kali Ponombo yang menjadi komponen penting dalam memenuhi sumberdaya air di Kp. Ponombo Desa Pantai Harapan Jaya, Kecamatan Muaragembong, untuk memenuhi kebutuhan air di Sektor Pertanian, yang sekarang kering, padahal sudah waktunya memasuki musim tanam.


Mahir Nurmawan, Kepala Desa Pantai Harapan Jaya mengatakan, pembendungan Kali CBL Cikarang Utara, rutin di lakukan setiap tahun, ketika menghadapi musim tanam, yang karena memang sumber air untuk memenuhi kebutuhan air sektor pertanian di Muaragembong, khususnya di Kp. Ponombo Desa Pantai Harapan Jaya, hanya dari Kali CBL, itu pun harus melewati Kali Cikarang Hilir di Kecamatan Sukatani, Sukakarya dan Kecamatan Sukawangi.

 

“Tiap tahun kita bendung kali CBL, untuk memenuhi kebutuhan air untuk kebutuhan lahan pertanian yang ada di Desa Pantai Harapan Jaya, khususnya di Kp. Ponombo, karena memang sumber airnya dari kali CBL itu, itupun harus melewati sepanjang kali Cikarang Hilir di Kecamatan Sukatani, Sukakarya dan Kecamatan Sukawangi, baru sampai ke kali Ponombo di Desa Pantai Harapan Jaya”,kata mahir.


Sebagai Kepala Desa Pantai Harapan Jaya, yang mewakili para petani, Mahir berharap, kepada pemerintah baik Kabupaten dan Provinsi maupun Instansi yang terkait, agar untuk segera melakukan langkah – langkah solusi, untuk menciptakan sumber – sumberdaya air, dalam membantu para petani di Desa Pantai Harapan Jaya khususnya, seperti pembuatan embung dan kolam – kolam retensi, agar lahan tambah tanam (LTT) di Desa Pantai Harapan Jaya Khususnya dapat aktif dan berproduksitas untuk menunjang ketahanan pangan di Kabupaten Bekasi, Harapnya.


Mahir Menambahkan, Kali Maupun Irigasi, merupakan komponen penting dalam mendukung kegiatan di sektor Pertanian, apalagi menjelang musim tanam, sehingga kebersihan, ekosistem, kualitas air dan keberadaan air, harus menjadi prioritas pemerintah, apalagi, di Kecamatan Sukatani, Sukakarya, Sukawangi dan Muaragembong khususnya di Kp. Ponombo Desa Pantai Harapan Jaya, yang kebanyakan warga masyarakatnya Petani, sehingga kebutuhan air sangat penting dalam melakukam aktifitas di sektor – sektor pertanian. Pungkas Mahir.


Pembendungan Kali CBL pun di lakukan oleh para petani Kp. Ponombo Desa Pantai Harapan Jaya, yang di hadiri langsung oleh kepala Desanya Mahir Munarwan.

(Reaksi)

Post a Comment

0 Comments