Anton Charliyan Desak Mabes Polri & Polda Sumut Usut Pelaku Pembakaran Rumah Wartawan


Tasimalaya,Suaraperjuangan.id -Irjen Pol. (Purn) Dr. Drs. Anton Charliyan, MPKN mantan Kapolda Jawa Barat ketika dihubungi kepala Kordinator Media Suaraperjuangan.id Perwakilan Kepulauan Riau Riyo E.Nababan melalui telpon selular menyampaikan,Rasa turut prihatin atas  Terbakarnya Rumah orang tua Sofyan Wartawan di Binjai Sumut baru -baru ini, hal tersebut menurut informasi sementara yang didapat diduga Sengaja Dibakar.


Sehubungan dengan Pemberitaan menyangkut Maraknya judi di Binjai dan Medan, bila dugaan ini benar-benar terjadi, Jelas - jelas nyata Merupakan Tindakan Premanisme,yang akhir - akhir ini menjadi Program prioritas Polri untuk Memerangi Setiap Bentuk Tindakan Premanisme. 


"Maka bila kejadian ini tidak diusut dengan Serius dan Tuntas Merupakan Preseden Buruk bagi Kredibilitas Polri. Karena bisa saja muncul anggapan masyarakat bahwa Polri melindungi Perjudian apalagi yang menjadi Korban adalah seorang Wartawan yg nota bene wajib mendapat Perindungan dalam melakukan setiap Ajtivitasnya sesuai dg Pasal 8 UU no 40 Thn 1999",ucap Abah Anton Charliyan menjelaskan.



Namun apa yang terjadi, jangankan Mendapat Perlindungan malah jadi Korban Kejahatan dan Premanisme. Hal ini terjadi  di Sumut bukan hanya terjadi satu kali.tapi sudah sering terjadi berkali - kali antara lain : Pembakaran mobil Wartawan di Serdang Bedagai (Sergai),Penembakan wartawan sampai Tewas di Simalungun. 


"Apalagi kalau cuma pemukulan dan Penganiayaan sudah merupakan hal yang biasa terjadi. Sehingga disini Sepertinya Perlindungan terhadap Profesi Wartawan di wilayah Sumatera Utara tidak berjalan sebagaimana mestinya". 



Untuk itu kata Anton Charliyan yang juga merupakan Pimpinan Umum dari Media Mitra Pol dan Warisan Budaya Nusantara. Serta sebagai Pembina di beberapa Media Nasional dan juga Pembina Dewan Pimpinan Wilayah Setya Kita Pancasila Provinsi Jawa Barat Mendesak agar Polda Sumatera Utara (Sumut) menangani masalah yang terjadi di  Binjai dan Simalungun,agar diusut dengan Serius sampai dengan Tuntas tertangkap para Pelakunya.Serta mampu memberikan Perlindungan akan Rasa aman terhadap insan Pers dilapangan dalam setiap melakukan aktivitas Kewartawananya.


"Mau Kemana lagi minta Perlindungan selain kepada Aparat Penegak Hukum dan Aparat Keamanan Khususnya Polri dan TNI",Tegas Mantan Kapolda Jawa Barat Abah Anton Charliyan.



Dalam kesempatan  ini juga Pimpinan Media Mitra Pol menghimbau kepada seluruh awak media Pers agar lebih Hati -hati dalam setiap pelaksanaan Tugas. Dan lebih meningkatkan kekompakan dan  Soliditas,Apalagi bila terjadi Permasalahan terhadap sesama awak media,tutup Anton Charliyan mengakhiri.

(Riyo E.Nababan)

Post a Comment

0 Comments