ASDP Terapkan Pembayaran Nontunai Untuk Pembelian Tiket Kapal Roro di Pelabuhan Telaga Punggur

Batam, Suaraperjuangan.id - Penerapan sistem pembayaran nontunai sebagai pengganti transaksi tunai sudah dilakukan di Pelabuhan Telaga Punggur Kota Batam dengan tujuan Telaga Punggur - Tanjung Uban, Kabupaten Bintan,  mulai tanggal 03 Mei 2021 lalu.Untuk melancarkan sistem pembayaran nontunai tersebut,ASDP bekerjasama dengan empat Bank  yaitu Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN, Sabtu (5/5/2021). 

Manager Operasional Pelabuhan Telaga Punggur SYAHRUL  menegaskan, semua sistem pembayaran di pelabuhan Telaga Punggur  akan mempergunakan sistem nontunai (cashless).


SYAHRUL mengakui, memang tidak gampang menerapkan sistem ini kepada masyarakat,dari yang terbiasa membayar tunai menjadi nontunai.tetapi dengan kerjasama dan mengikuti aturan dengan cara pendekatan dan arahan kepada masyarakat pengguna jasa Kapal Roro ASDP semua akan berjalan dengan baik.  "Kita juga akan menerapkan sistem pembayaran nontunai di semua penjualan tiket keberangkatan yang ada dipelabuhan ASDP Telaga Punggur" ,ucap SYAHRUL  kepada awak Media Suaraperjuangan.id. 


"Dengan berjalannya sistem penerapan Nontunai di pelabuhan ASDP Telaga Punggur menjadi salah satu opsi mendukung program digitalisasi. maka semua pembelian tiket  akan di terapkan pembayaran nontunai bagi penguna jasa ASDP di Pelabuhan Telaga Punggur. 

Karena dalam pembelian tiket menggunakan kartu elektronik  tidak ada biaya tambahan yang dikenakan kepada pengguna jasa,semua terpotong sesuai dengan harga tiket perjalanan".Mungkin saja,untuk biaya pembelian dan pengisian ulang kartu elektronik mengikuti ketentuan bank penerbit dari masing-masing kartu elektronik tersebut, Pungkasnya. 



"Digitalisasi ini cukup  mempermudah pengguna layanan jasa penyeberangan dalam mendapatkan tiket".  


Untuk tahap awal metode Pembayaran Nontunai ini diterapkan untuk pengguna jasa penyeberangan Pelabuhan Telaga Punggur - Tanjung Uban, untuk pengguna jasa tujuan Telaga Punggur - Tabo, Telaga Punggur - Karimun, Telaga Punggur - Sei Pakning dan Telaga Punggur - Kuala Tungkal saat ini masih sistem pembayaran tunai, tetapi SYAHRUL pun memastikan  semua pengguna jasa pembelian tiket di pelabuhan ASDP Telaga Punggur kemanapun tujuannya akan dibuat sistem Nontunai tidak ada terkecuali, cuma kita akan adakan tahapan - tahapan.


Menurut Manager Operasional Pelabuhan Telaga Punggur  SYAHRUL menambahkan, sistem pembayaran nontunai sudah banyak dan umum dipergunakan di sejumlah perusahaan transportasi dan sebagian masyarakat pun sudah banyak yang mempergunakan, karena selain gampang prosesnya penguna jasapun tidak harus lama antrian dan menunggu,sistem ini sistem cepat,paparnya mengakhiri. 

(Riyo E. Nababan) 

Post a Comment

0 Comments