DPRD Sumut Pinta Disdiksu Bentuk Satgas Covid-19 Dukung PTM

Medan,suaraperjuangan.id -Ketua dan anggota Komisi E DPRD Sumut, Dimas Tri Aji dan M Faisal Selasa (15-06-2021) kepada media digedung dewan, meminta disdiksu (dinas pendidikan Sumatera Utara) segera membentuk Satgas (Satuan Tugas) Covid-19 di seluruh kabupaten/kota yang berada di Sumatera Utara untuk mendukung PTM  (Pembelajaran Tatap Muka).

“Sagas Covid-19 harus segera dibentuk sebagai petunjuk teknis (junik) Standar Operasional Prosedur (SOP) mendukung PTM di kabupaten/kota,” kata Dimas

Anggota dewan dari Fraksi NasDem itu merespon pertemuan Wagubsu Musa Rajekshah dengan beberapa kepala daerah dan lintas ahli di Medan, Jumat pekan lalu  terkait dengan rencana pembukaan PTM.

Menurut Dimas, kehadiran Satgas Covid-19 merupakan tindaklanjut dari putusan SKB 4 Menteri tentang PTM, yang perlu dilakukan oleh kepala daerah melalui dinas leading sector, yakni dinas pendidikan di masing-masing kabupaten/kota.

Dari hasil kunjungan kerjanya di Dapil IV, Sergai dan Tebing Tinggi sudah membentuk Satgas Covid-19 yang nantinya akan memonitor kesiapan sekolah dan perangkat pendukung lainnya, sebelum PTM dibuka dengan syarat protokol kesehatan ketat.

“Kita dorong Disdik untuk mempercepat bentuk Satgas Covid-19 di daerah lainnya, karena ini menjadi salah satu komponen penting untuk dilaporkan ke bupati/walikota,” kata Dimas, yang bersama rombongan anggota DPRD Sumut Dapil IV berkunjung ke Tebing dan Sergai pekan lalu.

Dari hasil laporan Satgas inilah, kata Dimas, yang akan melaporkan kesiapan sekolah disampaikan Disdik setempat, seterusnya ke bupati/walikota, apakah syarat PTM sudah dipenuhi.

“Sesuai juknis SOP-nya, bupati dan walikota yang akan menyampaikan update terakhir ke Gubsu, apakah daerah mereka layak PTM,” sebutnya.

Dengan demikian, jelas Dimas, sebelum dibuka PTM nanti, satgas dapat menyampaikan hal-hal yang harus ditindaklanjuti dilintas sektoral, termasuk bupati dan walikota.

“Satgas Covid-19 Sumut tak mungkin bekerja sendiri, harus ada update, terutama dari dinas yang terkait langsung dengan sekolah,” katanya.

Senada dengan M Faisal. Dia menyebutkan, pihaknya sudah bertemu dengan Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Wan Syaifuddin. Ia (Syaifuddin-red) menyebutkan, masih melakukan kordinasi agar Satgas Covid-19 terbentuk di semua kabupaten/kota.

“Kita doronglah dibentuk Satgas, karena jika diurut masih banyak syarat lagi, seperti proses vaksinasi harus dipercepat untuk kesiapan sekolah itu mendukung PTM, sesuai dengan perintah SKB 4 Menteri dibuka 1 Juli 2021.” katanya. (Mashuri L)

Post a Comment

0 Comments