Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumut Apresiasi PDAM Tirtanadi Jadi Perumda

Medan,suaraperjuangan.id -Fraksi Demokrat DPRD Sumut mengapresiasi PDAM Tirtanadi menjadi Perumda (perusahan umum daerah). Demikian  disampaikan juru bicara Fraksi H Santoso SH MH pada Rapat Paripurna DPRD Sumut di ruang paripurna, Rabu (8/9), yang dihadiri Gubsu Edy Rahmayadi, para pimpinan DPRD Sumut.

“Tirtanadi yang telah menjadi Perumda diharap dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pemprovsu.” kata Santoso.

Namun Fraksi Demokrat, lanjut Santoso tetap menginginkan PDAM harus lebih mengutamakan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat agar bisa mendapatkan air bersih yang layak minum.

“Karena air bersih adalah kebutuhan pokok masyarakat yang wajib disediakan pemerintah. Hal ini mengingat bahwa masih banyaknya pemukiman warga yang belum mendapat akses pelayanan." ujar Santoso.

Fraksi Partai Demokrat meminta kepada Perumda Tirtanadi untuk dapat meningkatkan kualitas manajemen mulai dari sistem rekruitmen, etos kerja dan sistem pengawasan harus ditingkatkan. “Sehingga ke depan Perumda Tirtanadi dapat menjadi perusahaan daerah yang handal dan kredibel, tidak lagi terdengar ada kesan/isu negatif,” sebutnya.

Selanjutnya, ujar Santoso, fraksi Partai Demokrat meminta agar Perumda Tirtanadi untuk meningkatkan transparansi, menggunakan sistem mekanisme yang tepat dalam menetapkan tarif biaya pemasangan, tagihan bulanan dan penetapan denda agar dilakukan dengan pengawasan yang ketat.

“Berdasarkan rekomendasi tersebut di atas, Fraksi Demokrat menyatakan dapat menerima rancangan peraturan daerah Provinsi Sumut tentang perubahan bentuk badan hukum PDAM Tirtanadi dapat ditetapkan menjadi peraturan daerah,” kata Santoso. (Mashuri L)

Post a Comment

0 Comments