Kunjungan ke Jayapura, Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto Berdialog Dengan Alumni Program Kartu Prakerja Dari Papua

Jakarta,Suaraperjuangan id - Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto terkesan dengan semangat mereka dan dapat menjadi inspirasi para alumni Prakerja lainnya di seluruh Indonesia. Salah seorangnya adalah Bapak John Wempi Wona.  John Wempi Wona bercerita dirinya telah mengikuti 7 pelatihan di program Kartu Prakerja. Dana insentif yang didapatnya digunakan sebagai modal usaha, berjualan berbagai jenis kebutuhan, antara lain pakaian, tas, aksesoris, dan kosmetik.

Pada kesempatan itu juga Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto mengatakan, Bapak John menjadi salah satu alumni Kartu Prakerja yang mendapatkan bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp 30 juta. Rencananya akan  gunakannya untuk mengembangkan usaha ke depannya, yakni menjual berbagai suvenir PON XX 2020 yang akan berlangsung bulan depan. Bantuan KUR akan diberikan kepada alumni Kartu Prakerja lainnya yang memenuhi syarat.

Selain itu juga ada Ibu Verly Nomi Pelmelai, alumni Prakerja Gelombang 6.mengikuti pelatihan yang berguna untuk meningkatkan keahliannya sebagai perias. Ibu Verly bahkan juga mengambil pelatihan lain yang membantunya untuk semakin berkontribusi di organisasi sosial dalam melayani warga di sekitarnya,ucap Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto.

Airlangga Hartarto pun senang dan bangga melihat semangat, optimisme dan inovasi para peserta Prakerja di Papua. Di antara mereka ada pula yang berinisiatif mengembangkan forum alumni Kartu Prakerja di propinsi paling Timur. Mereka giat berdiskusi dan saling memberikan ide kewirausahaan melalui media sosial.

Alumni Prakerja sebaiknya memang berjejaring dan terus bermanfaat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat luas. Inspirasi dari Papua ini juga harus dikembangkan menjadi semangat untuk berkolaborasi bagi seluruh alumni Prakerja di Indonesia,pungkasnya mengakhiri.

(Riyo E.Nababan)

Post a Comment

0 Comments