Berikan Bantuan Bagi Warga Pengidap Kanker,Ketua YKI Taput Satika Simamora,SE.MM Juga Himbau Warga Adian Koting Agar Merawat Lingkungan dan Hutan

Taput,Suaraperjuangan.id - Ketua Yayasan Kanker Indonesia Tapanuli Utara Satika Simamora, SE, MM didampingi Kadis Lingkungan Hidup Heber Tambunan, serahkan bantuan Yayasan Healthy Planet Indonesia (HePI), berkolaborasi dengan Huria Kristen Indonesia (HKI) saat sosialisasi kesehatan manusia, lingkungan, pemeriksaan dan pembagian kacamata baca bagi warga Desa di Gedung Serba Guna Gereja HKI Pagaran Lambung Kecamatan Adiankoting, Kabupaten Tapanuli Utara. (Jumat, 29/10/2021).

Kegiatan sosialisasi yang juga dihadiri para tokoh masyarakat desa Pagaran Lambung I, bersama Camat Adian Koting Ronald Situmorang, Kapolsek Adian Koting M. Togatorop dan Danramil B.Sitepu dengan narasumber Ketua Yayasan Kanker sekaligus Ketua TP PKK Taput Satika Simamora, SE, MM,  Kadep Diakonia HKI Pdt Rahmayanti, Founder and Director Yayasan Healthy Planet Indonesia (HePI) dan drg Hotlin Oppusunggu.

Pada kesempatan yang sama, sebanyak 150 warga Desa Pagaran Lambung diberikan bantuan kacamata baca, setelah sebelumnya menjalani pemeriksaan mata.

“Kenapa kacamata? Karena lewat pembagian kacamata, ada pesan yang ingin disampaikan, dengan pembagian kacamata, pesan yang disampaikan agar masyarakat melihat lingkungan sehingga diharapkan kesadaran warga untuk tidak menebangi hutan secara sembarangan, semakin perduli lingkungan, menjaga dan merawat hutan", ujar Satika Simamora.

Satika Simamora menyambut baik hadirnya HePI di Tapanuli Utara dengan program pelestarian lingkungan khususnya hutan, program ini diharapkan terus berkelanjutan dan mengajak masyarakat secara bersama-sama menjaga dan merawat lingkungan untuk kesehatan manusia dan hutan.

“Tidak ada kata terlambat untuk melestarikan hutan. Mari secara bersama jaga dan rawat hutan kita, dimulai dengan menjaga lingkungannya masing masing, yakinlah bila itu sukses kita lakukan di kecamatan ini, maka kecamatan lainnya kita harapkan mengikutinya", ucap Satika Simamora mengakhirinya dengan menyanyikan lagu.

Ketua Yayasan HePI, drg Hotlin Oppusunggu mengatakan yayasan yang dipimpinnya bergerak dengan dilatarbelakangi kecintaan dalam melestarikan hutan sebagai warisan dunia, dengan menggandeng berbagai elemen masyarakat. Program pelestarian hutan disebutkan menjadi agenda di berbagai wilayah di tanah air, termasuk di wilayah Tapanuli.
“Dalam menjalankan misi, kami tetap mengharapkan saran dari masyarakat, apa yang bisa kami berikan dalam menjaga kelestarian hutan,” ucap Hotlin Oppusunggu.

Usai menghadiri acara Sosialisasi dan penyerahan bantuan Yayasan Healthy Planet Indonesia (HePI), Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Tapanuli Utara Satika Simamora, SE. MM menyambangi kediaman Dortina Panggabean (42) warga desa Pagaran Lambung I Kecamatan Adian Koting pengidap kanker Payudara.

“Inang harus kuat, jangan takut selalu berdoa minta kesehatan kepada Tuhan agar penyakit yang inang idap cepat diangkat, ikuti dengan baik anjuran dokter, dan kehadiran kami disini untuk memotivasi agar optimis. Ini ada sedikit bantuan dari Yayasan Kanker Indonesia untuk meringankan beban, jangan dilihat dari nilainya tapi ini keiklasan hati. Sebenarnya anggaran yayasan tidak ada, tapi karena banyak yang perduli dan memberikan berkatnya, maka kita bagi bagi ke inang, semoga inang cepat sembuh, begitu juga dengan amang harus tetap mendampinginya, beri semangat ya amang, tetap taati prokes sesuai anjuran pemerintah”, ucap Ketua YKI Taput.

Marga Pandiangan sebagai keluarga Dortina yang turut hadir pada kesempatan tersebut, mengucapkan terimakasih kepada Ketua Yayasan YKI Taput sekaligus sebagai Istri Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si yang sudah datang menjenguk dan peduli kepada istrinya. "Bantuan ini sangat membantu meringankan pengobatan istri saya, walaupun sudah tiga kali menjalani tahap kemo, untuk itu kami sangat berterima kasih baik Ibu Satika dan juga kepada pak Bupati Taput,” ujar Pandiangan

Adapun bantuan yang diberikan YKI Taput adalah Beras, susu, masker, roti dan minyak goreng dan donasi.

(Riyo E.Nababan)

Post a Comment

0 Comments