Komisi IV DPR RI Dr.H..Sutrisno SE, MSi Laksanakan Program Aspirasi Bimtek Oleh Balitbu Tropika Kementan

Sumedang,Suaraperjuangan.id - Pogram Aspirasi Komisi IV DPR RI  Bimtek Oleh Balitbu Tropika Kementan Kenalkan Pisang Kepok Tanjung Ke Petani Sumedang Sebagai Potensi Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani.

Bimtek ini sengaja memperkenalkan sekaligus memberi arahan tekhnis kepada petani bagaimana cara menanam pisang kepok tanjung sehingga hasil memuaskan. Pisang kepok ini rasanya manis beda dengan pisang kepok lainya yang rasanya asam. Pisang tanpa jantung ( Tanjung ) per hektar mampu produksi sampai 35 ton pertahunya dengan populasi perhektarnya 900 batang pohon.

Jumlah sisir pertandan 10-12 sisir, berat 15-25 kg pertandan dengan jumlah buah 150-250 pertandan. Harga di kebun Rp. 75.000,- - Rp. 100.000,-.  Secara hitungan ekonomi meproduksi pisang kepok tanjung sanngat menggiurkan dalam meningkatkan kesejahteraan petani. Pisang ini daerah asalnya adalah Maluku saat ini karena potensial diterima pasar dan sangat menguntungkan para pelaku produksi maka pisang ini menjadi banyak diminati produsen dalam hal ini perani.

Maka melihat potensi ini saya berupaya untuk melakukan Bimtek ini di Daerah Pemilihan saya terutama Sumedang. Harapanya pengetahuan yang di paparkan lewat Bimtek ini menjadi bahan acuan dalam mereka melakukan aktifitas produksi untuk meningkatkan kesejahteraan mereka sendiri sehingga termotivasi untuk memproduksi Pisang Kepok Tanjung ini.

Selamat berjuang petani, semoga ketahanan pangan kita tercapai dan kesejahteraan petani meningkat pula.( red) 

Post a Comment

0 Comments