Maknai HUT TNI Ke 76 Jajaran Kodim 1003/HSS Gelar Serbuan Vaksin

Hulu Sungai Selatan,Suaraperjuangan.id – Komando Rayon Militer (Koramil) Jajaran Kodim 1003/HSS saat ini telah menggelar serbuan vaksin Covid 19 sebagai wujud pengabdian kepada bangsa, digelarnya kegiatan vaksin ini dalam rangka peringati serta maknai HUT TNI Ke 76, bukan tanpa maksud di gelarnya kegiatan ini selain suatu wujud pengabdian juga membantu pemerintah dalam memberikan kesejahteran berupa kesehatan kepada masyarakat, Senin (4/10/2021).

Pasalnya seseorang yang mendapatkan vaksin COVID-19 juga dapat melindungi orang-orang di sekitarnya, terutama kelompok yang sangat berisiko, seperti lansia di atas 70 tahun. Hal ini karena kemungkinan orang yang sudah divaksin untuk menularkan virus Corona sangatlah kecil.

Bila diberikan secara massal, vaksin COVID-19 juga mampu mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) dalam masyarakat. Artinya, orang yang tidak bisa mendapatkan vaksin, misalnya bayi baru lahir, lansia, atau penderita kelainan sistem imun tertentu, bisa mendapatkan perlindungan dari orang-orang di sekitarnya.

Kendati demikian, untuk mencapai herd immunity dalam suatu masyarakat, penelitian menyebutkan bahwa minimal 70% penduduk dalam negara tersebut harus sudah divaksin.
Beranjak dari sinilah melalui Babinsa yang mempunyai tanggung jawab sebagai Pembina Desa di wilayahnya, untuk memberikan himbaun serta pengertian kepada masyarakat binaanya untuk melaksanakan vaksin Covid 19.

Komandan Kodim 1003/HSS melalui Kapten Cpl Marhani Danramil 1003-01/Telaga Langsat memberikan komentar, bahwa saat ini seluruh jajaran Koramil secara serentak menggelar serbuan vaksin di wilayahnya masing dengan system mendatangi masyarakat, serta di gelar di suatu tempat yang mudah di jangkau oleh masyarakat, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian peringati HUT TNI Ke 76, jelasnya
Lebih lanjut salah satu manfaat vaksin COVID-19 tidak hanya untuk sektor kesehatan, tetapi juga sektor ekonomi dan sosial. Jika sebagian besar masyarakat sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik untuk melawan penyakit COVID-19, kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat bisa kembali seperti sediakala. pungkasnya

(Riyo E.Nababan)

Post a Comment

0 Comments